Sosiologi | Pembelajaran yang didapatkan saat Pertemuan 11 & 12

 

Pertemuan 11 & 12


Pada pertemuan minggu ke 11, Kami belajar melalui V-Class kembali. Diberikan juga quiz mengenai materi yang akan saya jelaskan secara singkat. Pada minggu ke 12 kami tidak belajar apapun, melainkan hanya diberikan informasi bahwa penilaian dalam mata kuliah ini akan bergantung kepada blogspot yang kami buat dan Ujian Akhir Semester, sehingga saya membuat blog ini dengan 3 tujuan : 

1. Agar informasi yang saya berikan bermanfaat dalam kehidupan nyata, karena sering sekali kita tidak sadari bahwa apa yang kita lakukan sangat berkaitan dengan mata kuliah ini.
2. Membuat kita sadar bahwa kita tidak perlu menghafal kuat dalam belajar, cukup memahaminya saja secara sederhana sehingga suatu saat kita mungkin membutuhan informasi ini secara tidak langsung. Karena saya sendiri sering mengalami hal ini dan saya berterima kasih kepada guru dan dosen yang membantu saya agar dapat memahami beberapa materi dalam pembelajaran ini.
3. Mendapati nilai yang baik

Materi : 

Terdapat 2 jenis proses dalam komunikasi, yaitu komunikasi tatap muka dan komunikasi massa.

Komunikasi Tatap Muka : Komunikasi yang berbicara kepada pihak lawan secara individu maupun kelompok tanpa adanya perantara. Nama lain dari komunikasi ini adalah komunikasi Interpersonal.

Terdapat juga beberapa karakteristik untuk komunikasi Tatap Muka :
- Proses komunikasi yang bersifat 2 arah
- Feedback yang langsung bisa didapatkan
- Pesan bisa berupa verbal atau non verbal
- Channel yang diberikan yaitu pesan dari satu orang ke orang lain

Ada 1 masalah dimana menghubungi pihak lawan menggunakan seperti telephone atau video call dianggap komunikasi tatap muka. itu SALAH karena kedua pihak menggunakan perantara seperti handphone atau telepon.

Komunikasi Massa : Suatu proses dimana komunikator menggunakan media dalam menyebarkan pesan-pesan secara luas dan terus menerus agar terciptanya makna-makna yang  diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda melalui berbagai cara (Defleur & Dennis, 1985).

Beberapa Karakteristik komunikasi massa diantaranya :
- Komunikator dalam Komunikasi Massa Melembaga
- Komunikan dalam Komunikasi Massa Bersifat Heterogen
- Pesannya Bersifat Umum
- Komunikasinya Berlangsung Satu Arah
- Komunikasi Massa Menimbulkan Keserempakan
- Komunikasi Massa Mengandalkan Peralatan Teknis
- Komunikasi Massa Dikontrol oleh Gatekeeper
- Feedback yang sifatnya tertunda

Adapun fungsi untuk Komunikasi Massa :
- Informasi
- Hiburan
- Persuasi
- Transmisi Budaya
- Mendorong Kohesi social
- Pengawasan
- Korelasi
- Pewarisan Sosial
- Melawan Kekuasaan dan Kekuatan Represif
- Menggugat Hubungan Trikotomi

untuk materi ini bisa dipelajari lebih dalam setelah mata kuliah ini selesai, kebetulan saya sendiri sedang mengambil mata kuliah komunikasi massa dan pengantar ilmu komunikasi dimana menjelaskan materi ini lebih dalam.


Comments

Popular posts from this blog

Komunikasi Visual | Cara kerja Pengelihatan Manusia & Kodok

Sosiologi | Budaya memakai baju koko putih menjadi kebudayaan seragam sekolah di hari jumat

Sosiologi | Pembelajaran yang didapatkan saat Pertemuan 3 & 4